Translate

Minggu, 12 April 2015

3 UNSUR CINTA KASIH MENURUT DR. SARLITO W. SARWONO

 3 UNSUR CINTA KASIH MENURUT DR. SARLITO W. SARWONO
Cinta adalah sebuah perasaan yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa pada sepasang manusia unutk saling mencintai, memiliki,memenuhi dan saling pengertian. Cinta itu sama sekali tidak dapat di paksakan, cinta hanya dapat mengalir seperti air mengalir. Cinta hanya bisa berjalan bila kedua bela pihak mempunyai satu komitmen yang sama. Karena dalam menjalin hubungan pasangan kita pasti ingin mempunyai suatu perhatian yan lebih dan itu hanya bisa di dapat dari pasangan nya sendiri.

Cinta mempunyai 3 unsur menurut Dr. Sarlito W.Sarwono yaitu :

1.                  Keterikatan
Adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia.

2.                  Keintiman
            Adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia      sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.makan sepiring berdua.

3.          Kemesraan
         Adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak   bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya.

            
Pada ketiga unsur tersebut mempunyai arti yang berbeda-beda seperti halnya contoh untuk unsur cinta

keterikatan : arti cinta di sini contohnya seperti cinta antara orang tua dan anak yang saling terkait satu sama lain.
Keintiman :arti cinta di sini bisa di beri contoh seperti sepasang suami istri yang mempunyai rasa cinta sayang sangat dalam terhadap satu sama lain nya yang di jalan kan di kehidupan yang baru sebagai suami istri.
Kemesraan : arti cinta di sini bisa di beri contoh yaitu hubungan rasa kangen yang sangat dalam terhadap orang tuanya karena di sini dia sedang menuntut ilmu di luarkota sedangkan orangtua nya sedang di dalam kota maka itu lah rasa rindu yang sangat dalam terhadap orang tua.


            Pada intinya tidak semua unsur cinta di atas sama kuat nya unsur-unsur di atas mempunyai keunggulan satu sama lain , itu semua tergantung kepada siapa yang merasakan cinta itu sendiri dan bagaimana caranya agar orang yang merasakan cinta itu sendiri, bisa nyaman dengan unsur-unsur yang di atas tersebut. Agar menciptakan rasa cinta yang kuat antar satu sama lain.

sumber :
http://kentutsiangbolong.blogspot.com/2009/06/3-unsur-dalam-sebuah-cinta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar