Translate

Sabtu, 27 Desember 2014

Berbagi pengalaman mendaki puncak papandayan

Di postingan saya kali ini saya ingin berbagi pengalaman bersama semua nya yaitu pengalaman saya mendaki gunung papandayan yang berada di garut jawa barat. Semoga pada postingan saya kali ini dapat memberi pengalaman baru kepada anda dan dapat menjadi panduan yang ingin naik ke gunung papandayan garut tersebut.

Perjalanan di mulai di jakarta pada bulan mei tepatnya saya kurang tahu tanggal berapa yang pasti , pada saat itu saya dan kawan saya ber -6 dan di dampingi oleh kk dari guru les saya yang suka atau hobi juga jalan-jalan yaitu 3 orang . perjalanan di mulai di tempat basecamp kami yaitu di mutiara taman palem lestari tepatnya di tempat les yang tidak asing lagi di kalangan pelajar yaitu PRIMAGAMA kami biasa menyebutnya PG PALEM nah di sana kita berkumpul merencanakan untuk pendakian gunung papandayan . setelah semua selesai di rencanakan dan di hitung dana nya untuk pulang pergi dan untuk perbekalan di sana itu kami membawa satu orang itu membawa uang sebanyak Rp.400.000,-. Menurut pengalaman saya uang segitu sudah cukup untuk stay di sana selama 3 hari 2 malam di sana . kalo untuk lebih lama lagi di sana tinggal di siapkan uang lebih aja ya kawan-kawan hahaha.

ini kita sebelum berangkat dan masih di basecamp kita. Hahaha J

Di mulai lah perjalanan yang lumayan panjang . kita berangkat dari basecamp kita pagi sekitar pukul 09.00 yaaa supaya ga terlalu sore sampai di garut nya hehe.

Di mulai dengan menaiki kopaja yang arah ke kota dari depan jalan yaitu kopaja 84 , setelah kita menaiki kopaja dan turun di daerah jakarta utara saya lupa nama tempatnya , nah dari situ kita naik bus way yang mengarah ke jakarta selatan unutk ke pool nya primajasa ternya di pool nya primajasa penuh dan sesek orang yang mau ke garut juga , akhirnya kita jalan lagi ke keluar tol KPR yaitu kampung ram
butan dari situ kami mendappat bus yang mengarah ke garut. Singkat cerita kita sudah berda di terminal garut dan di sana kita ke majsid dahulu untuk menunaikan ibadah sholat maghrib dan isya. Dan setelah menunaikan ibadah sholat maghrib dan isya kita menyiapkan persiapan unutk apa yang kurang untuk di bawa ke atas gunung nya. Stelah selesai kami pun menaiki angkot dan sampai di pintu masuk gunung papandayan dan dari situ kita mencarter mobil lostbak tau kan kawan-kawan hahahaha........... sampai di ke post 1 yaitu camp david . kita tiba di camp david sekitar pukul 10 malam dan kita tentukan untuk bermalam di pos satu untuk keselamatan teman-teman kita
                                                   ini kami yang berada di camp david.

Setelah ngecamp di campdavid kita memlulai mendaki jam 5 setelah sholat subuh .

Ini kita mau berangkat .

Ini trak menuju puncak dan ini baru 15 menit dari camp david.
                  Ini kita di sambut oleh sunrice pagi matahari di garut hehehehe

setelah melihat sunrice dan pemandangan yang indah di trak. di tak papandayan juga kita melewati kawah belerang dan di sarankan untuk para pendaki yang ingin ke papandayan di harapkan membawa masker unutk melewati kawah belerang seperti di ini

setelah melewati kawah belerang kita beristirahat sejenak unutk mengisi tenaga kembali hehehehehehe..........

setelah melanjutkan perjalanan kembali akhirnya kami sampe ke post 2 yaitu podok saladah nah kami di sana kami ngecamp selama 2 malam di sana
                                                               ini kita di pondok salada

dan pada ke esokan harinya kami melanjutkan perjalanan ke tegal alun dan puncaknya
di dalam perjalanan ke tegal alun kami melawati hutan mati

setelah melewati hutan mayi kami pun sampai di tegal alun , oiya kami di himbau  untuk tidak ngecamp di tegal alun karna di sana suber air nya agak susah . ini kami di tegal alun dan di tegal alun itu dimana mata memandang itu semua terhampar luas bunga edelways kaya gini

dan kita ingin melanjutkan perjalanan sampai ke puncak nya . tetapi cuaca tidak mendukung sehingga kami pun tidak melanjutkan perjalanan sampai puncak nya . setelah dari tegal alun kami pun turun tetapi dengan jalur yang berbeda dari kita naik , jalur ini mengikuti arus sungai dan akhirnya pun kita sampai kembali di pondok salada di camp kami dan kami bermalam 1 malam lagi dan akhirnya keesekoan harinya kami pun turun dari pondok salada dan akhirnya kami pun trurun melalui trak yang sama seperti naik . pada akhirnya kami pun pullang ke jakarta , sampai di jakarta kami sekitar pukul 02.00 dini hari.

seperti itu lah perjalanan kami mendaki gunung papandayan dan untuk para kawan-kawan yang ingin mendaki papandayan di sarankan agar di lihat cuacanya yang mendukung supaya bisa mendapatkan yang kita ingin kan .

TERIMA KASIH
ini ada oleh-oleh dari papandayan :)

terima kasih sudah membaca semoga pengalaman saya bisa membuat kawan-kawan semua dapat semkain menjaga alam sekitar kita semua .