Translate

Senin, 29 Desember 2014

Rumus – rumus dasar penjumlahan, rata-rata, nilai maksimum, nilai minimum, dan logika IF yang ada di dalam excle

Rumus – rumus dasar penjumlahan, rata-rata, nilai maksimum, nilai minimum, dan logika IF yang ada di dalam excle .

1.     Penjumlahan atau yang dalam bahasa exclenya (SUM)
Untuk gambar di bawah ini contoh untuk mencari jumlah nilai yang di lingkarkan yaitu dengan menggunakan rumus :  =SUM(B4:D4) ini sama saja rumusnya dengan yang jumlahnya tidak horizontal tetapi vertikal , sama saja menggunakan rumus nya.

 

2.       Rata-rata atau yang di sebut dengan (AVERAGE)
Untuk gambar di bawah ini contoh untuk mencari Rata-rata nilai yang di lingkarkan yaitu dengan menggunakan rumus :   =AVERAGE(B4:D4)
3.       Nilai tertinggi atau yang sering di sebut dengan (MAX)
Untuk gambar di bawah ini contoh untuk mencari nilai tertinggi dalam suatu data nilai yang di lingkarkan yaitu dengan menggunakan rumus : =MAX(B4:D4)


4.       Nilai terendah atau yang sering di sebut dengan (MIN)
Untuk gambar di bawah ini contoh untuk mencari nilai ter-rendah dalam suatu data nilai yang di lingkarkan yaitu dengan menggunakan rumus : =MIN(B4:D4)


5.       Logika IF biasanya di sebut dengan (IF)
Logika if ini biasanya di gunakan untuk menentukan lulus atau tidak lulusnya bila itu di salam penilaian jika di dalam hal lain IF ini digunakan dalam menentukan perbandingan seperti : lulus atau tidak lulus , benar atau salah , terlampaui atau remedial dll nya IF di gunakan seperti itu. Nah pada kali ini saya akan contoh kan dimana IF itu di pakai dalam menentukan lulus atau tidak lulus dalam nilai .
Kasusnya itu = jika ada nilai rata-rata nilainya >60 maka siswa tersebut lulus nah jika nilai rata-rata itu <60 maka tidak lulus. Cara nya untuk bisa seperti itu yaitu dengan menggunakan rumus : =IF(F4>60;"lulus";"tidak lulus") hati-hati dalam mengerjakan rumus seperti ini tanda kutip itu (“) hanya berlaku untuk yang menggunakan tulisan saja dan jika hanya ada huruf tidak usah di pakai tanda kutip tersebut. Jika sudah selesai maka hasilnya akan seperti ini .
 Ini adalah contoh data yang sudah di kerjakan , bila hasilnya sudah sama dan sudah mengerti teruskan dan kembangankan rumus-rumus dasar di atas dan perbanyak latihan sehingga dapat cepat mengerjakan pekerjaan seperti ini. TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT J


Catatan : bila ingin oprasi perkalian itu langsung di tulis saja seperti ini =(F4*F5) itu adalah untuk perkalian , jika ingin pembagian =(F4/F5) dan jika ingin pengurangan tinggal ganti saja tanda di tengahnya menjadi =(F4-F5) jadilah pengurangan, pembagian dan perkalian 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar