Translate

Sabtu, 07 Maret 2015

ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR
Pengertian :
                Suatu ilmu yang mempelajari tentang dasar  hubungan antara manusia itu sendiri  kepada budaya nya. Budaya adalah merupakan salah satu dasar dari nilai-nilai yang berada di dalam masyarakat itu sendiri . Budaya suatu kebiasaan yang berasal  dari zaman dahulu atau sering di sebut juga turunan dari nenek moyang yaitu kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang di lakukan oleh masyarakat itu sendiri dan lama kelamaan menjadi budaya untuk kebiasaan sehari-harinya . Budaya terdiri dari banyak unsur termasuk sistem agama, politik , adat istiadat dan karya seni . Budaya juga bersifat lengkap, luas, dan beraneka ragam.

Pendapat:
                Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan bagaimana cara cara berbudaya yang baik dan tidak baik, sehingga tidak menyinggung  budaya lain. Selain itu ilmu budaya dasar juga mengajarkan bagaimana cara agar dapat menghomati  dan menghargai setiap budaya -  budaya asing, karena jika kita tidak menghargai dan menghormati  budaya lain maka kita akan kehilangan budaya sendiri . Ilmu budaya dasar  juga mengajarkan kita bagaimana cara melestarikan dan menjaga budaya kita agar tidak punah, terkontaminasi dengan budaya luar dan diclaim orang Negara- negara lain.
                Pada zaman modern seperti ini anak - anak banyak yang  tidak tahu budaya mereka sendiri  karena sudah masuk budaya modern yang mengajarkan anak-anak bagaimana cara hidup yang lebih modern contohnya yaitu penggunaan gadget yang membuat anak-anak menjadi malas untuk memainkan permainan tradisional yang mengandung nilai-nilai kerjasama pada permainan itu sendiri. Peran keluarga juga sangat penting yaitu untuk menyaring budaya-budaya yang masuk dan mengambil sisi positif dari budaya itu sendiri.

                Karena itu ilmu budaya Dasar mengajarkan kita bagaimana cara kita untuk mengambil sisi positif dari budaya yang datang dan menjadikan budaya itu sendiri sebagai budaya kita yang harus di lestarikan dan di jaga , sehingga di masa depan masih ada budaya kita yang di wariskan kepada anak-anak dan cucu-cucu kita di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar