Translate

Senin, 15 Juni 2015

Pandangan Hidup Manusia

Pandangan Hidup Manusia

                Pandangan hidup mempunyai arti yaitu pendapat atau pertimbagan yanag dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia.Pendapat atau pertimbangan itu hasil pemikir
an manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Pandangan hidup ada 3 macam yaitu pandangan hidup berasal dari Agama,Ideology dan Renungan.

            Manusia itu sendiri harus mempunyai pandangan hidup masing-masing sehingga bisa menjalani hidup dengan seimbang dan berjalan dengan lancar. Banyak juga manusia yang tidak mempunyai pandangan hidup yang akan menyulitkan hidupnya dan kedepan nya nanti.

Pandangan hidup yang berasal dari keyakinan & kepercayaan
Keyakinan dan kepercayaan adalah menjadi dasar pandangan hidup yang berasal dari akal atau kekuasaan tuhan, ada tiga aliran filsafat yaitu:
A.        Aliran Naturalisme : 
Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi, kekuatan gaib itu dari natur dan itu dari tuhan . Manusaia adalah ciptaan tuhan karena itu manusia mengabdi pada tuhan melalui ajaran-ajaran agama.
B.        Aliran Intelektualisme :
 Dasar aliran ini adalah logika/akal {kalbu yang berpusat dihati} “hati nurani” maka keyakinan manusia itu bermula dari akal.
C.        Aliran Gabungan :
 dasar aliran ini adalah kekuatan gaib yang berasal dari tuhan sebagai dasar keyakinan sedangkan akal adalah dasar kebudayaan yang menetukan benar tidaknya sesuatu yang dinilai berdasarkan akal, baik sebagai logika berpikir maupun rasa atau hati nurani. Apabila dasar keyakinan itu kekuatan gaib dari tuhan dan akal berimbang maka akan menghasilkan pandangan hidup sosialisme –religius, kebajikan yang dikehendaki adalah kebajikan menurut logika berpikir dan dapat diterima hati nurani, semuanya itu berkat karunia Tuhan.


Jadi pada intinya manusia harus mempunyai pandangan hidup mereka masing-masing, apa yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa harus kita syukuri. Dengan mensyukuri tersebut kita dapat melihat betapa berharganya hidup di dunia ini dan jangan di sia-sia kan. Maka dari itu manusia harus mempunyai pandangan hidup supaya hidup menjadi lurus dan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar